develop own website

Sejarah

Menjelang tahun 1990 an SMP Katolik Angelus Custos yang beralamat di 

Jl Niaga dalam 5 sungguh menjadi sekolah yang berkembang dan diminati masyarakat. Hampir tiap tahun pendaftaran siswa baru di SMPK Angelus Custos selalu membeludak. Hal itu memunculkan ide dari kepala sekolah yang saat itu dijabat oleh alm. Fr.M Paulino, BHK untuk mencari jalan agar para calon siswa AC bisa tertampung.


 Selain fakta banyaknya calon siswa yang tak tertampung di AC waktu itu 

alm. Fr. M Paulino,BHK juga menginginkan mempunyai lahan sekolah yang dapat menampung anak-anak yang kurang mampu untuk bersekolah di sekolah Katolik, agar mereka tetap dapat menikmati sekolah bagus tapi ringan pembiayaan. 

  

 Ide cemerlang itu kemudian diungkapkan para anggota BP 2 SMPK AC yang pada waktu itu diketuai oleh Bapa Ir. Robby Gunawan. Dalam pertemuan BP 2 di AC, tokoh-tokoh BP 2 akhirnya menyetujui rencana Fr.M. Paulino, BHK. Kemudianlah ditentukanlah wilayah Surabaya Barat pertumbuhan lingkungan perumahan sangat menjajikan. Kebetulan salah seorang dari BP 2 saat itu mengenal seorang tokoh masyarakat yaitu Bp. Stanis Subakir yang menjadi pengelola kebun binatang Surabaya dan mempunyai lahan yang cukup luas di daerah Surabaya Barat. Memang tokoh Stanis Subakir adalah orang yang sangat disegani baik di pemerintahan maupun di masyarakat. 


 Tak berapa lama setelah kontak pribadi dengan Bp Stanis Subakir maka disepakati untuk mengadakan pertemuan membicarakan ide cemerlang dari Fr.M.Paulino,BHK . Bersama BP 2, Bp. Robby Gunawan, FR.M Paulino BHK, Bp Stanis Subakir dan Bp. Mayor Laut Subadri maka terjadilah kesepakatan untuk pembelian tanah di wilayah Kebraon, kecamatan Karangpilang. Tanah yang cukup luas tersebut demi untuk kepentingan sosial Gereja, lebih banyak dihibahkan dari pada dijual. Maka penjualan hanya dengan harga tak lebih dari Rp. 5000,- per meter perseginya. Maka jadilah di daerah kelurahan Kebraon kecamatan Karangpilang Surabaya sebuah lahan yang siap digunakan untuk fasilitas sekolah, yang nantinya akan diberi nama Sekolah Menengah Pertama Katolik “ Angelus Custos II “


 Pembangunan dimulai. Dengan dana dari para donatur, yang dipelopori oleh BP 2 dimulailah dengan peletakan batu pertama oleh Superior Para Frater Bunda Hati Kudus yang pada waktu itu dijabat oleh Fr. M. Wilfried Van der Poll, BHK pada tanggal 30 Maret 1991. Pembangunan masih berlangsung Sementara kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 1991-1992 sudah mulai, maka calon siswa SMP K AC II pun tetap diterima.


  Dengan jumlah 25 siswa dilaksanakan kegiatan belajar mengajar di SMPK “Angelus Custos II”, untuk sementara meminjam tempat belajar di SMA Katolik st Yusup karangpilang dan para siswa harus masuk siang hari setelah kegiatan belajar mengajar di SMA st Yusup berakhir.


             Dengan bantuan beberapa guru dari AC- I yang ditugaskan untuk menjadi pengajar di SMPK AC-II maka berlangsung proses belajar mengajar di SMPK AC - II.


Bulan November 1991, beberapa ruang inti dari gedung sekolah ( pembangunan tahap I ) sudah berdiri dan sudah bisa digunakan. Maka paga tanggl 9 November 1991, gedinug SMPK AC II diresmikan penggunaanya oleh Bapak Wali Kota Surabaya Bp.dr H. Poernomo Kasidi.


Dengan motto Pendiri : “SEMOGA DARI GEDUNG INI AKAN LAHIR PAHLAWAN-PAHLAWAN PEMBANGUNAN DEMI KEJAYAAN IMDONEDIA TERCINTA” maka dimulailah kegiatan belajar mengajar di gedung baru SMPK AC 11 dengan kepala sekolah Bp. Drs. Frans Kloatubun bersama para guru yang semua masih bertugas juga di AC 1. Kurang lebih 1 tahun kemudian saat semua ruang gedung sudah selesai termasuk tahap III yaitu aula dan ruang perpustakaan maka gedungpun diberkati oleh pastor paroki st Yusup Karangpilang yaitu Rm. Alexius Ate, Pr. 


Hari terus berganti , kegiatan sekolah terus berlangsung dengan perkembangan yang cukup menggembirakan. Dari tahun ke tahun siswapun makin bertambah dan dapat dibanggakan karena mulai angkatan pertama semenjak AC-II berdiri dalam setiap kelulusan ujian nasional selalu ada yang menjadi peringkat 1 di wilayah Karangpilang


Saat ini keberadaan AC-II sudah berusia 17 tahun. Selama 17 tahun keberadaan SMPK AC – II telah memiliki fasilitas ruang yang lengkap untuk kegiatan belajar mengajar dengan jumlah guru dan karyawan mencapai 34 orang. SMPK AC-II sudah mengalami pergantian pemimpin lima kali, yaitu :

I. Tahun 1991-1992 : Frater.M. Paulino,BHK

II. Tahun 1992-1995 : Bapak. Frans.X. Kloatubun

III. Tahun 1995-1999 : Frater. M. Dominikus,BHK

IV. Tahun 1999-2001 : Bapak. Titus Poto, BA

V. Tahun 2001-2004 : Bapak. Drs. Antonius P.W.R.

VI. Tahun 2004- 2011 : Bapak. Drs Mukin Wilhelmus

VII. Tahun 2011 - 2013 : Fr.M.VINSENSIUS MAKSI JOHN,BHK,S.Pd

VIII. Tahun 2013 - sekarang : Fr.M.VINSENSIUS TNOPO,BHK,S.Pd


SMPK AC-II Terus berupaya melanjutkan dan merealisasikan cita-cita pendiri untuk membentuk pahlawan-pahlawan pembangunan demi kejayaan Indonesia tercinta. Hingga saat ini SMPK AC – II telah banyak meraih kejuaraan dalam berbagai lomba yang diadakan oleh sekolah lain maupun masyarakat sekitar.


Alamat
Jl. Kebraon Widya II No. 15-17 Kebraon, Surabaya. Jawa Timur. 60222 Indonesia

CONTACTS
Email: smpkac2@yahoo.co.id
Phone: +62 031 7662763 
Fax: +1 (0) 000 0000 002

Social Media

  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram